Senin, 29 September 2014

Progres Menulis Novelet Dream and Love bersama Gagas Media dan Dreamers Radio






 Hai readers, apa kabar? ^^
Aku kali ini gak post FF nih, tapi mau share soal progres menulis Novel Dream and Love, kerja sama antara Gagasmedia dan Dreamers Radio!!! ^^

Kalian pasti gak asing dong sama dreamersradio? Nah pasti ga asing juga dong sama Fanfiction-Fanfiction kece disana! Inget Be The Last Love? Don't Call Me Choi? I'm Not (A) Princess dan Fight For ThisUnrequited Love?
Nahh Dreamers dan Gagasmedia lagi garap Novel bertajuk Fanfiction-fanfiction yang aku sebutin tadi loh, tentu saja dikemas dengan cerita dan alur yang lebih menarik, yang beda dari fanfiction sebelumnya! Ibaratnya sih sequel dari fanfiction popular diatas :)

Berhubung aku penulis fanfiction Be The Last Love, jadi aku mau bocorin sedikit nih soal proses penggarapan Novelet Dream and Love, mau tau apa aja keseruannya? Check this out, guys! ^^

Hari pertama kita ketemu dengan temen-temen dari Gagasmedia dan Dreamers, tepatnya tanggal 03 September 2014, seluruh penulis Fanfiction-fanfiction yang akan digarap menjadi novel ini melakukan pertemuan pertama membahas timeline project kece ini, ada aku (Annis Prianti), Riyani Eonni dan Ika Wulandari, ditemenin sama Kak Sasha (perwakilan dari Dreamers Radio) tapi sayang  Amola (Penulis/Author  Fight For This Unrequited Love) gak bisa ikut karena berdomosili di solo.

Dihari pertama itu juga kami para penulis fanfiction dari Dreamers Radio ini diberi banyak buku refferensi untuk panduan kami menulis fanfiction di project ini, selain itu kami diberi tugas untuk membuat outline atau kerangka dari fanfiction yang kami buat. Aku pribadi ngerasa dapet hal baru dari pertemuan pertama ini, ternyata nulis itu gak hanya sekedar nulis saat ngebayangin idola kita aja loh, sebelum mulai menulis cerita atau fanfiction, kita harus punya kerangka dari cerita yang kita buat.

Pertemuan kedua dikelas menulis bersama temen-temen editor readers dari Gagasmedia, ada Kak Yuke, Kak Rara dan Kak Michan. Pertemuan kami dimulai dengan games yang menantang imajinasi kita dalam waktu 15 menit dengan kalimat awal yang diundi yang sebelumnya kita gak tau, kebetulan aku dapet kalimat tentang seorang anak yang berjanji dihadapan makam ibunya. Aku berhasil menyelesaikan ceritaku dalam 15 menit dalam 651 kata, tapi cerita milikku kurang mendetail keadaan sang tokoh. Disanalah aku menyadari kelemahanku yang kurang pada segi setting dan keadaan tokoh cerita, dan aku berjanji akan berusaha lebih baik lagi ^^
Setelah main games, kami diberitahu tentang ponit-point dan cara-cara bagaimana membuat kerangka cerita yang baik, dan ini bener-bener ilmu baru yang aku dapetin. Kerangka cerita itu bisa dijadiin patokkan saat ide menulis sedang mentok alias stuck. Karena terkadang kalo sudah stuck, pasti penulis suka males lanjutin atau sekedar nunda-nunda untuk lanjutin nulis cerita. Bener? Aku sih bener hehehe ^^ dan gimana kalau kalian?

Selanjutnya dipertemuan ketiga, aku dan temen-temen penulis dari Dreamers Radio diajak untuk ikut kelas menulis bersama Kak Windry, penulis Novel London. Kalian pasti tau kaann :D
Nah disini gak cuma penulis fanfiction dari Dreamers Radio aja yang Hadir, tapi, temen-temen redaksi Agromedia (Gagasmedia, Bukune, Pandamedia, Entermedia) juga hadir loh! Aku gak apal semua namanya sih, tapi yang pasti mereka semua keren-keren abis deh, bener-bener berpengalaman dan seru bisa belajar bareng mereka. Kak Windry ngajarin kita semua tentang 3 bagian penting dalam menulis fiksi. Disini kita diajarin gimana cara bikin plot, tokoh dan juga konflik. Disini aku juga dapet ilmu lagi nih, kalo ternyata saat kita menentukan tokoh utama, kita harus bikin biodata lengkap sang tokoh untuk pacuan kita juga mendeskripsikan kepada para pembaca, agar pembaca menemukan ciri khas pada tokoh utama. Pokoknya kesimpulannya, menulis tuh gak semudah saat kita menghayal tentang seseorang atau mengingat sebuah inspirasi yang bisa kita tulis sembarangan. Ide atau inspirasi itu cuma modal awal untuk menulis, sisanya kamu harus punya planning, cerita seperti apa, siapa dan bagaimana cerita yang akan kamu buat, supaya cerita kamu tidak melenceng dipertengahan atau tidak mendapat ending yang membosankan!!



Nah teman-teman, itu ilmu dan cerita yang bisa aku bagi ke kalian, nextnya aku akan bagi-bagi cerita tentang progres perubahan apa aja yang ada di Fanfiction Be The Last Love loh ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar